Tertawa dilaporkan sama manfaatnya seperti melakukan olahraga ringan yang dapat merangsang nafsu makan.

Menurut sebuah studi baru yang disajikan pada pertemuan tahunan Experimental Biology 2010 di Anaheim, California, peneliti menemukan kesamaan seputar efek yang dihasilkan pada selera makan antara para pecinta olahraga dan tawa tulus yang dilakukan seseorang.

Melakukan olahraga dan tertawa mampu menormalisasi dan meningkatkan nafsu makan dengan menurunkan isi hormon leptin dalam darah dan meningkatkan kandungan ghrelin.

“Jika dilakukan secara pararel dua kegiatan ini bisa memberikan hasil yang luar biasa untuk menambah nafsu makan Anda,” kata Lee S. Berk, seorang peneliti, seperdi dikutip dari Geniusbeauty, 23 Mei 2010.

Hasil penelitian ini, kata Berk, diharapkan bisa berguna bagi para otangtua dan para pengasuh anak-anak, agar mengajak si kecil melakukan aktivitas ringan seperti tertawa dan olahraga kecil untuk merangsang nafsu makannya.

Sebagai informasi, selain menambah nafsu makan, tertawa juga memiliki manfaat lain yakni meningkatkan kebahagiaan, mengurangi stres dan menurunkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskuler. Pasalnya, tertawa dapat menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah.Viva-news

Iklan